CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 15 Agustus 2011

Membeli Logam Mulia di Pegadaian Syariah

      Kemarin udah janji ke neng Sharleen mau membahas soal beli logam mulia (LM) di Pegadaian Syariah...Berhubung kemarin2 sertifikat LM aq tinggal di rumah, jadi nggak bisa ngecek soal si LM ini..hehehehe...Selain di Antam, LM bisa dibeli di Pegadaian Syariah...Emasnya sendiri adalah keluaran dari PT.Aneka Tambang (Antam) sehingga emas ini bisa diakui keasliannya secara Internasional...Di Pegadaian Syariah ini, ukuran emas yang tersedia ada ukuran berat 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, 100gr dan 1kg...Harga per gramnya mengikuti harga dari Antam...Kalau beli emas di Pegadaian memang rata2 harus menunggu barangnya dulu, soalnya Pegadaian pesen dulu emasnya ke Antam...Aq beli emas di Pegadaian karena di kotaku nggak ada cabangnya Antam....Waktu itu aq bayar DP dulu, trus ngasih copy KTP ke Pegadaian, setelah LM ada aq dihubungi oleh pihak Pegadaian buat ambil LM-nya...

      Kalau di Pegadaian, ada biaya administrasi dan margin untuk pembelian LM-nya..Jadi waktu itu aq beli LM 5gr (Maret 2010) dengan harga per gram Rp 350.700, -...Jadi total 5gr adalah Rp. 1.753.500...Waktu itu aq kena biaya administrasi sebesar Rp 50.000, - dan margin sebesar Rp. 52.605,- (sebesar 3% dari total pembelian)...

      Selain pembelian secara cash, di Pegadaian Syariah ini bisa beli LM secara cicilan...Jangka waktu cicilannya fleksibel mulai 3bulan sampai 12bulan...Dan bunga mulai 3.5% untuk tempo 3 bulan...Jadi lumayan buat yang mau investasi emas, tapi uangnya belum cukup untuk beli cash...Sayang aq nggak dapet brosurnya, jadi aq kasih gambarannya aja yah...
Untuk pembelian tunai (asumsi pada harga emas pada saat aq beli Rp 350.700)
untuk pembelian tunai = Harga + % margin + Administrasi
                                 = Rp 1.753.500 + ( 3% x Rp 1.753.500) + Rp 50.000
                                 = Rp 1.753.500 + Rp 52.605 + Rp 50.000
                                 = Rp 1.856.105

Untuk pembelian kredit dengan angsuran 6 bulan (Margin 6%)
untuk pembelian kredit = Rp 1.753.500 + (6% x Rp 1.753.500)
                                  = Rp 1.753.500 + Rp 105.210
                                  = Rp 1.858.710
Pembayaran awal  = DP (25%) + biaya administrasi
                                  = Rp 464.678 + Rp 50.000
                                  = Rp 514.678
Sisa pembayaran         = Rp 1.858.710 - Rp 464.678
                                        = Rp 1.394.032
angsuran per bulan      = Rp 1.394.032 / 6 bulan
                                        = Rp 232.339
      Lumayan kaaaann??jadi tiap bulan mencicil Rp 232.339.bisa jadi alternatif untuk mereka yang ingin berinvestasi emas, tapi belum punya uang tunai..Oh ya, cicilan ini flat lho, jadi meski harga emas naik, bisa tetap mencicil sesuai harga pada saat kesepakatan awal...Setelah lunas, LM-nya bisa diambil di Pegadaian Syariah...

      Semoga bisa memberi sedikit gambaran soal membeli emas di Pegadaian Syariah...Kalau mau mengecek ke website-nya pegadaian juga bisa...www.pegadaian.co.id....Selamat berinvestasi.. ^o^
.

6 komentar:

Sharleen mengatakan...

Oooh, begitu. Kalo margin itu presentasenya dihitung dr berapa lama temponya ya. Terus biaya admin 50rb itu semua ukuran sama ya? Berarti bunganya flat sesuai perhitungan dr awal ya.

Makasih ya say! Next gw akan bahas soal beli LM ini. Tapi tggu turun dulu harganya. Hέhέhέ‎​ :p Hξ'hξ'hξ :p

Adisty Kirana mengatakan...

Iyaaahhh say...kurang lebih begitu...setauku biaya adminnya sama, tapi nanti aq coba cari info lebih akurat...

Sama-sama..semoga membantu..nanti klo ada info lebih akurat aq tambahin di sini..Okeee..ditunggu bahasan selanjutnya darimu.. =) mari berdoa harga emas cepet turun..hehehehe...

ndhachiyo mengatakan...

hmmm kyk gtu toh yah.. aku jg rencana niy mau invest emas tpi cicil aja biar gak berasa :D.. kan lumayan drpd duit nya gak jelas ngalur kdiul abis nya mending dicicil.. hehehe

makasih ya say info nya..

PS Holic mengatakan...

dunia syariah makin maju.. semoga memang bisa terus tidak di kotori sama para oknum ya mas :( apapun itu bentuknya..

psholic

Adisty Kirana mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Adisty Kirana mengatakan...

@ nda : Haii..salam kenal..yuuppzzz...sama2 nda.. =) iyaaahh...itung2 sekalian nabung...marginnya sebanding sama kenaikan harga emas kalo misal qt nunggu ngumpulin duit dulu...asumsi kenaikan harga emas selama 6 bln sekitar 10%, margin dari cicilan selama 6 bln kan 6%..Lumayan laaahhh...daripada duitnya kepake buat yg lain2, malah gak kekumpul2..hehehehe...

@ PS Holic : iyaaahh..sudah banyak kemajuan, semoga prakteknya tetep syar'i..btw kok mas??aq kan mbak..hikzz...hehehehe...

Poskan Komentar