CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 19 September 2013

Placenta Previa



Haiii all…mau bayar utang posting ni…di posting sebelum ini aq sempet cerita yah kalo dari hasil USG dokter menemukan letak ari-ari caby-ku ada di bawah…Kalo istilah medisnya Placenta Previa (PP). Waktu denger itu aq kaget banget..bingungg…gak tau harus gimana…Besoknya langsung deh browsing-browsing soal Placenta Previa (PP) ini…

Ternyata placenta previa ini penyebabnya masih belum diketahui…Dokterku juga bilang kayak gitu sih…tapi berdasarkan sumber ini resiko PP bisa meningkat pada wanita yang :
  • Memiliki sel telur yang melekat sangat rendah di dalam rahim
  • Memiliki masalah lapisan rahim (endometrium) seperti fibroid atau kondisi lain
  • Memiliki parut di dinding uterus dari kehamilan sebelumnya (plasenta previa sebelumnya, kuret, operasi rahim, bedah caesar atau aborsi).
  • Kehamilan ganda (kembar). Kemungkinan plasenta previa dua kali lipat pada kehamilan ini.
  • Pernah beberapa kali hamil sebelumnya. Kemungkinan mengembangkan previa placenta meningkat menjadi 5% pada wanita yang pernah hamil 6 kali atau lebih.
  • Merokok atau menggunakan kokain.
  • Berusia di atas usia 30 tahun. Risiko pengembangan plasenta previa adalah 3 kali lebih besar pada wanita di atas 30 tahun dibandingkan pada wanita di bawah 20 tahun.
  • Memiliki plasenta previa pada kehamilan sebelumnya.
Hmmm..langsung deh menduga-duga, kalo aq kenapa yaahh???tapi tetep aja gak nemu jawabannya…huufffhh…Ya sudahlah…Kalo menurut sumber yang ini  Jika kondisi placenta previa terus berlangsung sampai saat kandungan semakin tua, dapat menyebabkan perdarahan dalam trimester ketiga. Bisa juga menyebabkan kelahiran dini yang membuat bayi lahir prematur. Jika plasenta menutupi seluruh serviks atau sebagian dari serviks saat akan melahirkan sulit diharapkan bisa melahirkan dengan normal atau jika terpaksa harus dengan bedah caesar.
Kalau usia kehamilan masih muda, hanya sedikit ibu hamil yang terancam komplikasi sampai persalinan, karena plasenta diharapkan masih bisa berubah posisinya ke arah normal. Perubahan letak plasenta pada usia kandungan masih muda ini juga masih mungkin terjadi karena jumlah cairan ketuban masih banyak dan memungkinkan janin bergerak memutar ke berbagai arah yang dikehendaki janin. Tapi pada usia kandungan tua, maka biasanya cairan ketuban akan semakin berkurang sampai menjelang masa persalinan. Nah, pada masa inilah biasanya placenta previa jadi bermasalah saat janin sudah berubah posisi namun letak plasenta tetap menutupi jalan lahir, sehingga sudah sulit untuk diharapkan kembali ke letak yang seharusnya. Masalahnya pada usia kandungan di trimester terakhir, cairan ketuban sudah semakin sedikit dan besar bayi sudah semakin memenuhi ruang rahim. Ada 3 macam kondisi Placenta Previa, yaitu :
  • Complete Previa : jika benar-benar menutupi serviks dan tidak memungkinkan ibu melahirkan dengan normal. Jadi dokter akan memutuskan untuk segera dilsayakan bedah Cesar
  • Partial Previa : plasenta menutupi sedikit saja serviks, masih dimungkinkan ibu melahirkan dengan cara normal
  • Marginal Previa : plasenta berada di tepi serviks namun tidak menutupi jalan lahir. 



Astagfirullah…jadi khawatir rasanya…kemarin waktu di-USG saking kaget dan emang gak ngerti soal PP ini, aq gak nanya ke dokter soal kondisi ari-ariku termasuk yang mana…dokternya juga nggak cerita ke aq…mungkin biar aq postif thinking yah…Sekarang sih aq udah mulai melakukan saran-saran dokter...banyak-banyak sujud, walaupun ternyata gak bisa lama coz ternyata sakiiit juga yaahh sujud lama-lama dengan perut endudh gini…Pokoknya aq usahain banget…Kata suamiku gak papa kalo gak bisa lama-lama, yang penting sering sujud…jalan-jalan pagi yang cuma bisa dilakuin kalo weekend...hikkkss..klo hari kerja, bangun langsung masak trus berangkat ke kantor...hiikkss...Trus...gak boleh terlalu capek juga..Pokoknya positif thinking…yakin kalo nanti posisi ari-ari bisa berubah coz banyak temen yang kasih semangat, mereka bilang masih bisa berubah kok posisinya…Insya Allah bisa… #Ayooo…bum2 sayaangg…ari-arinya diangkat ya dek…posisinya muter yaaahh…  #ngajak ngomong caby dalem perut biar mau berubah posisi… Harus banyak-banyak berdoa juga…yakin bahwa Allah dapat merubah segala sesuatu dan semua yang terjadi adalah pengaturan Allah…Semoga nanti posisi ari-arinya berubah…Amiiinn…

Sumber :
-          http://ferdaagustinhendrico.blogspot.com/p/plasenta-previa.html

2 komentar:

Bebe mengatakan...

Halo salam kenal..

Aamiiin.. semoga nanti posisinya berubah yaaa..

Aku juga kata suster waktu USG dibilang letak placentaku rendah. Dan kalau pas minggu ke-32 masih rendah harus langsung dijadwalin untuk cesar. Sampai sekarang sih ga tau lagi kondisinya kayak apa, soalnya ga pernah dapet USG lagi.. hihihi.. tapi cuma bisa berdoa aja kalau bebinya nanti sehat terus.

Adisty mengatakan...

@ bebe : haaaiii...salam kenaaall jugaaa...Waahh...qt sama ya saaayyy??saling mendoakan yah...moga2 bisa berubah.. =) tapi kata dokterku Insya Allah bisa berubah kok..Amiin..btw skrg hamilnya udah brp minggu say??

Poskan Komentar