CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 03 Oktober 2014

Tedak Siten Baby Farrel



Late post ni…Jadi 2 minggu kemarin aq n suami nyelenggarain acara Tedak Sitennya Farrel…Sebenernya agak telat sih…Biasanya bayi di-tedak siten itu kalo umurnya 7 bulan, ada juga yang bilang kalo umur pitung lapan (selapan-nya itu 35 hari)…Nah ini Farrel udah mau 9 bulan baru tedak siten…hahahaha…Sebenernya tadinya aq gk mau ada acara gini…tapi eyangku ngotot banget pengen ngadain acara ini buat Farrel…maklum buyut pertama, jadi beliau memang excited banget kalo soal Farrel…Baiklaaahhh…karena pengen nyenengin eyangku aq nurut…begitu nanya kapan waktunya, eyangku bilang mau diitungin dulu waktu baiknya kapan... #elap keringet… Nama pun orang Jawa yah…jadi semua ada itungannya…Aq sih yo wes manut aja…Tiba-tiba tanggal 14 September, eyangku bilang “Hari yang baik itu tanggal 21 September sama 28 September, tanggal 28 September udah dipake Iwuk (sepupuku) mau acara slup-slupan (pindahan) ke rumah baru…Jadi Tedak sitennya tanggal 21 yahhh”….Dooeeenggg…langsung bingung lah aq…Lhaaaa…seminggu lagi donk…belum nyiapin apa-apa pula…Jadi lah ibuku buru-buru pesen tumpeng n jajan pasar…Untung masih bisa…hehehehe…Naaahhh…aq sendiri juga nggak terlalu ngerti soal uborampe (perlengkapan) yang diperlukan buat upacara Tedak Siten…Thanx to suhu Google…langsung lah cusss ke Google buat nyari tau soal Tedak Siten…didapatlah beberapa artikel soal Tedak Siten…baru deh ada gambaran soal upacara ini…

Nahhh hari Sabtu minggu depannya aq n suami langsung hunting apa2 aja yang diperlukan buat acara…Kami ke pasar tradisional, untungnya ada kios yang menjual macam-macam perlatan upacara…Langsung deh kita bilang mau beli pelengkapan buat Tedak Siten…Langsung deh sama yg jual kita dikasih 1 set kembang entahlah isinya apa aja kayaknya ada mawar merah putih, kenanga, kanthil yang lainnya aq gk liat…hehehehe…trus dikasih tebu wulung buat bikin tangganya…sama semacam wadah buat tempat ketannya (maap nggak tau nama wadahnya apa)…hehehehe….Malemnya langsung deh kita rame2 mempersiapkan buat acara besok…eyangku bikin ketan warna-warna…kita warnainnya pake pewarna makanan…hehehehe…Suamiku bikin tangga tebunya…Aq menghias kurungan ayamnya pake kertas krep…seruuuu…hahahaha…

Hari Minggunya jam 10 pagi para undangan udah dateng..undangannya cuma keluarga deket aja sih..hehehehe…Pas kita mulai acaranya gak tau kenapa Farrel kayak seneng banget, nggak sabar pengen turun ke tanah kayaknya…Pas pembukaan oleh MC, Farrel udah teriak-teriak melulu…dia baru agak anteng waktu papanya bacain Ar-Rahman sama pas iyutnya baca doa…Habis itu heboh lagi…hahahaha…Akhirnya tiba waktunya buat Farrel melakukan prosesi Tedak Siten…Sodara-sodaraku juga pada excited coz mereka udah jarang liat acara kayak gini…Waktu aq cuci kakinya pake air kembang, mukanya Farrel bingung gitu…Pas dituntun buat naik tangga juga dia masih berwajah bingung…Waktu kakinya diinjekin ke ketan, dia kayak takut gitu…mungkin berasa aneh nginjek ketannya…udah mulai mewek2 tu Farrelnya…Pas waktunya masuk kurungan sodara-sodaraku pada heboh gitu d depan kurungannya Farrel, semua udah pada siap sama kameranya..Nah Farrel kan udah mewek2 tu…awalnya masih mewek2 biasa, begitu kurungannya ditutup dan liat banyak banget orang, nangislah dia…hahahaha…Setelah dia agak tenang baru lah kita taruh lagi tapi kurungannya kita ambil…Langsung deh pada heboh menebak-nebak Farrel bakal ngambil apa…Ternyata dia ngambil buku tulis…habis itu dia ambil hp terakhir dia ambil buku cerita…Kata MCnya mungkin nantinya Farrel bakal jadi dosen komunikasi…hehehehe…Amiiinnn…Duuhh...kok gk ngambil stetoskop sih naaakkk...hehehehe... #malah emaknya yang ngebet...hehehehe...apapun nantinya…semoga Farrel akan jadi anak yang sukses…berbakti pada orang tuanya dan menjadi orang yang berbudi baik…Amiiinnn…Ternyata acara kayak gini seru juga yaahh...nguri-uri budaya Jawa kata eyangku...hehehehe...Sayang foto-fotonya cuma sedikit...foto Farrel yang di kurungan juga nggak ada, keburu nangis sih Farrelnya...Ini beberapa foto dari acara kemaren ...




tumpengan





ketan (jadah) tujuh warna

tangga tebu wulung...bikinan papanya Farrel..

 
mulai naik ke tangga...

hihihihi...Farrelnya bingung...


Farrel malah pegang erat jilbabku...hehehehe...

udah mulai mewek deh...

itu buku cerita yang dia ambil...

buku tulis garis-garis itu juga dia ambil...hehehehe...
 
I love u so much my little prince...
 

1 komentar:

Dhiandh wedding mengatakan...

wah affan gedenya jadi guru/pengajar/ dosen nih

Poskan Komentar